• Visi Fakultas Ilmu Budaya Undip

    Menjadi pusat pendidikan dan penelitian kebudayaan yang unggul meliputi bidang sastra, bahasa, sejarah, antropologi, perpustakaan dan kearsipan yang terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara

  • Misi Fakultas Ilmu Budaya Undip

    Menyelenggarakan proses pendidikan terbaik dan unggul dalam bidang sastra, bahasa, sejarah, antropologi, perpustakaan, dan kearsipan

  • Misi Fakultas Ilmu Budaya Undip

    Melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah yang profesional sebagai sumbangan terhadap perkembangan kebudayaan yang meliputi: sastra, bahasa, sejarah, antropologi, perpustakaan dan kearsipan

  • Misi Fakultas Ilmu Budaya Undip

    Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan kualitas terbaik sesuai dengan kebutuhan dan era perkembangan kebudayaan serta menerapkannya dalam kegiatan pengabdian masyarakat

  • Mari bergabung bersama kami....

    Fakultas Ilmu Budaya Undip. Untuk terus mengagamakan cinta...

Serba Serbi Ilmu Budaya

Aku (Chairil Anwar)
Kalau sampai waktuku 'Ku mau tak seorang kan merayu Tidak juga kau Tak perlu sedu sedan itu Ak...

Read more

Diponegoro (Chairil Anwar)
Di masa pembangunan ini tuan hidup kembali Dan bara kagum menjadi api Di depan sekali tuan menan...

Read more

Cermin (Sapardi Djoko Damono)
cermin tak pernah berteriak;   ia pun tak pernah meraung, tersedan, atau terhisak,   meski apa p...

Read more

Sajak Cinta (Gus Mus)
cintaku kepadamu belum pernah ada contohnya cinta romeo kepada juliet si majnun qais kepada laila ...

Read more

Aku Masih Sangat Hafal Nyanyian Itu (Gus Mus)
Aku masih sangat hafal nyanyian itu Nyanyian kesayangan dan hafalan kita bersama Sejak kita di sekol...

Read more

Peradilan Rakyat (Putu Wijaya)
Seorang pengacara muda yang cemerlang mengunjungi ayahnya, seorang pengacara senior yang sangat diho...

Read more

Titipan-Nya (WS Rendra)
  Sering kali aku berkata, Ketika semua orang memuji milikku Bahwa sesungguhnya ini hanyalah titipa...

Read more

Negeri Tawuran (AMI Irianto)
Hidup di negeri tawuran adalah gambaran sekelompok orang yang sedang marah, bagai segerombolan anak...

Read more

Indonesia Hari Ini (AMI)
MEMBACA Indonesia hari ini, adalah sebuah gambaran tentang masyarakat konsumen yang tumbuh beriringa...

Read more

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Undip TA 2013/14

Semarang, undip.ac.id. Undip akan membuka penerimaaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2013/14 melalui beberapa mekanisme jalur penerimaan. (1) Seleksi Masuk Program Strata 1 (S1) Undip. Penerimaan mahasiswa baru Universitas Diponegoro tahun 2013 didasarkan pada: Peraturan Pemerintah no. 66 tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, sistem penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi dilakukan melalui seleksi secara nasional dan bentuk lain. UU no 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Berdasarkan peraturan diatas maka proses seleksi penerimaan mahasiswa baru program S1 Undip tahun 2013 akan diatur melalui seleksi secara nasional dan seleksi secara lokal / mandiri.

 

Jalur-jalur seleksi masuk ke Universitas Diponegoro program Strata 1 (S1) untuk tahun 2013 adalah sebagai berikut:

a. Seleksi Secara Nasional.
Seleksi nasional ini diselenggarakan dibawah tanggung Jawab langsung Pemerintah (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
Sistem seleksi nasional adalah seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2013 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Biaya pelaksanaan SNMPTN 2013 ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.
detail informasi SNMPTN 2013 bisa di akses disini atau di web site resmi SNMPTN 2013 (www.snmtpn.ac.id)

b. Seleksi Bentuk lain dibawah tanggung jawab pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia
Seleksi Bentuk Lain ini adalah SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) jalur ujian tertulis dan / atau keterampilan. Pendaftaran mulai dibuka sekitar  bulan Mei 2013. Seleksi ini dibawah tanggung jawab pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia. Untuk mengikuti ini seleksi ini biaya pendaftaran ditanggung peserta seleksi.

c. Seleksi secara Mandiri.
Seleksi ini adalah yang khusus dilakukan oleh Universitas Diponegoro dibawah tanggung jawab Rektor Universitas Diponegoro. Biaya Pendaftaran untuk seleksi mandiri Undip ditanggung oleh peserta seleksi. Jalur Seleksi Mandiri Undip tahun 2013 terdiri dari :
Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) Strata 1. Pendaftarannya akan dibuka secara online sekitar bulan Juli 2013.

Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) S1 memiliki 3 pilihan penggalian potensi yaitu: 1) PSSB Potensi Kemitraan 2) PSSB Potensi Olahraga dan Seni 3) PSSB Potensi Olimpiade Sains. PSSB Kemitraan adalah program seleksi calon mahasiswa baru yang dilaksanakan mendasarkan minat, potensi akademik, dan potensi kerjasama untuk pengembangan UNDIP dalam bentuk partisipasi sumbangan. Minat dan potensi akademik dari calon mahasiswa dalam seleksi PSSB-Kemitraan ini dilihat dari reputasi akademik calon mahasiswa selama menempuh pendidikan di SMA yang ditunjukkan oleh nilai rapor dan penghargaan lain yang diperoleh karena capaian prestasi tertentu. Minat calon mahasiswa untuk memasuki salah satu program studi tertentu di UNDIP juga akan dipertimbangkan dengan daya tampung dan tingkat persaingan diantara pelamar. Pertimbangan potensi kerjasama  terutama akan difokuskan pada kesediaan lembaga donor/sponsor atau orang tua calon mahasiswa dalam berpartisipasi untuk memberikan  sumbangan pengembangan bagi UNDIP.  Dengan demikian, PSSB KEMITRAAN  ini merupakan proses seleksi mahasiswa baru yang mendasarkan pada 2 aspek, yaitu aspek potensi akademik dan minat calon mahasiswa, dan aspek partisipasi dalam pengembangan universitas. PSSB Potensi Olahraga dan Seni menggali potensi untuk siswa sma berprestasi dalam olahraga dan seni minimal tingkat propinsi. PSSB Olimpiade Sains adalah untuk menggali partisipasi siswa berprestasi dalam olimpiade sains tingkat nasional.
Jalur UM (Ujian Mandiri) adalah jalur seleksi mandiri melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1 di undip. Pendaftaran akan dilakukan secara online akan dimulai sekitar bulan Juli 2013. Informasi pendaftaran bisa diakses menjelang pendaftaran di : http://um.undip.ac.id .


2.  Seleksi Masuk Program Diploma III (D-III) Undip tahun 2013

Untuk seleksi masuk ke program Diploma III Undip tahun 2013 semuanya dilakukan secara lokal / mandiri dengan melalui jalur-jalur seleksi sebagai berikut:
Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) Akademik untuk program Diploma III. Seleksi ini telah dibuka mulai 2 Januari 2013 sampai dengan 28 Februari 2013 secara online. Keterangan lengkap bisa dibaca di menu PSSB D3 di web site ini.
Jalur UM D-III (Ujian Mandiri Diploma III) adalah jalur seleksi melalui tes tertulis untuk masuk ke program diploma III Undip. Pendaftaran akan dibuka sekitar bulan Juli 2013. Pendaftaran akan dilakukan secara online di web site : http://um.undip.ac.id


3. Seleksi Masuk Program Pasca Sarjana (S2/S3) Undip

Untuk seleksi masuk ke program Pasca Sarjana (S2/S3) Undip tahun 2013 dilakukan secara mandiri melalui Jalur Ujian Mandiri Pascasarjana 2013.


Tautan Sumber : Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Undip TA 2013/14