Visi, Misi & Tujuan

VISI
Visi  Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro menjadi pusat pendidikan kebudayaan yang unggul meliputi bidang sastra, bahasa, sejarah, antropologi, perpustakaan, dan kearsipan yang terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara pada tahun 2018


MISI

 Berdasarkan visi  tersebut, misi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro adalah sebagai berikut:

 

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan terbaik dan unggul dalam bidang sastra, bahasa, sejarah, antropologi, perpustakaan, dan kearsipan. 
  2. Melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah yang profesional sebagai sumbangan terhadap perkembangan kebudayaan yang meliputi: sastra, bahasa, sejarah, antropologi, perpustakaan, dan kearsipan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan kualitas terbaik sesuai dengan kebutuhan dan era perkembangan kebudayaan di bidang sastra, bahasa, sejarah, antropologi, perpustakaan, dan kearsipan dalam kegiatan keilmuan, serta menerapkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat;
  4. Menyelenggarakan evaluasi secara reguler untuk meningkatkan kualitas, otonomi, akuntabilitas, dan akreditasi.

 

TUJUAN
Berdasarkan visi dan misi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, ditetapkan tujuan  Fakultas Ilmu Budaya  Universitas Diponegoro sebagai berikut.

 

a.  Tujuan Umum

Tujuan umum adalah menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas serta menghasilkan lulusan sarjana dan ahli madya yang mampu bersaing dalam pasar global di bidang sastra Indonesia, sastra Inggris, sejarah, dan perpustakaan serta tenaga ahli madya di bidang kearsipan, perpustakaan, bahasa Inggris, bahasa Jepang.

 

b.  Tujuan Khusus

Tujuan khusus adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkualitas, sehingga menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam pasar global  melalui:

 

1)  Relevansi pendidikan sesuai kebutuhan masyarakat serta perkembangan ilmu dan teknologi  dengan:

 a)   meningkatkan kualitas tenaga pengajar dalam bidang kebudayaan;

 b)   meningkatkan pengelolaan dan pengembangan program studi;

 c)   menghasilkan peneliti yang unggul, dan;

 d)   meningkatkan intensitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat.

 

2)  Terciptanya suasana akademik yang kondusif, efektivitas dan produktivitas yang optimum, serta terpeliharanya sustainabilitas melalui:

 a)   pengembangan pengetahuan dan keterampilan tenaga administrasi;

 b)   pendayagunaan dan pengembangan sarana dan prasarana;

 c)   pengembangan media dokumentasi dan informasi, dan;

 d)   pengembangan kerja sama dalam dan luar negeri.

 

3)   Manajemen internal, organisasi, dan kepemimpinan yang tangguh  melalui perbaikan manajemen dan peningkatan kesejahteraan.